Jumat, 29 Maret 2013

INDONESIA PRA ISLAM


Indonesia merupakan Negara kepulauan di asia tenggara yang banyak di singgahi oleh pedagang-pedagang asing sehingga dari sinilah kebudayaan-kebudayaan islam mulai memasuki kepulauan Indonesia. Adapun sebelum masuknya islam di Indonesia peradaban yang ada di Indonesia adalah hinduisme dan budhisme yang peninggalan-peninggalannya masih bisa dibuktiikan sampai sekarang seperti bangunan candi, relief dan sebagainya.

Peradaban bangsa Indonesia dan malaka telah mengenal jaman sejarah, yakni zaman di mana mereka telah mengenal tulisan.zaman ini adalah atas pengaruh agama hindu dan budha yang mengenal huruf pallawa. Pengaruh ini berlangsung antara tahun 1400-1478, bahwa masuknya hinduisme membawa perubahan besar, yaitu kedudukan raja yang semula atas pemilihan ” primus inter pares” berubah menjadi sistem dinasti berdasarkan hukum kasta.

Critera epos Ramayana dari pujangga walmiki, merupakan sumber lakon pertunjukan wayang Indonesia bersama ceritera Ramayana. Seni pagelaran wayang ini merupakan hasil budaya hindu yang banyak digemari.

Di bidang seni bangunan, candi merupakan pengaruh hindu dan budha yang lebih menonjol lagi, bahkan bangunan-bangunan candi Indonesia dapat memberikan petunjuk khusus sebagai peninggalan pengaruh hinduisme dan budhisme, sekalipun sebenarnya pola bangunan candi Indonesia adalah berasal dari seni bangunan prasejarah. Bahkan pada bangunan ini banyak pula gambar-gambar relief pada dinding candi yang melukiskan flora dan fauna Indonesia asli, bukan dari hindia. 

A.  Kondisi Geografis di Indonesia Pra-Islam


Kepulauan Indonesia yang terletak antara benua Asia dan Australia sering diumpamakan sebagai sebuah jembatan antara kedua benua tersebut. Hasil penelitian prasejarah menunjukkan bahwa di masa lampau berbagai suku bangsa telah memasuki kepulauan ini dari daratan Asia Tenggara. Mereka menyeberangi lautan yang memisahkan kepulauan Indonesia di daratan Asia.

Kepulauan Indonesia terletak antara 5 45’ Lintang Utara dan 11 Lintang Selatan, serta 95 0101’ Bujur Timur dan 141 02’ Bujur Barat. Oleh karena itu ia termasuk daerah khatulistiwa dan daerah hembusan angin musim Indo-Australia. Ciri-ciri iklimnya ialah berhawa tropis dan curah hujan yang tinggi.

Indonesia mempunyai iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh pegunungan dan laut. Temperatur berkisar 20 C/30 C. Curah hujan lebih dari 102 cm setahun. Beberapa daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Tengah, dan Malukulebih banyak turun hujan dengan curah 200-250 cm setahun. Kepulauan Indoensia dipengaruhi oleh dua musim: musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau berlangsung antara bulan Mei sampai dengan September, dan musim penghujan Oktober sampai denngan April. 

Keadaan geografis dan wilayah yang dimiliki bangsa ini, telah membentuk keragaman dan perbedaan struktur masyarakatnya. Secara sederhana, keragaman ini ditunjukkan setidaknya oleh tiga jenis kelompok masyarakat yang berkembang di seluruh wilayah nusantara. Kelompok I, adalah masyarakat yang hidup di daerah-daerah pedalaman dan kawasan-kawasan yang terpencil. Masyarakat ini biasanya memiliki kepercayaan animisme dan komitmen kesukuannya sangat kuat. Kelompok II, adalah masyarakat yang hidup di sepanjanggaris pesisir, dimana jalur-jalur pedagangan laut telah memudahkan mereka untuk dapat mengenal dan bertukar kebudayaaan dengan dunia luar. Sedangkan kelompok III, adalah masyarakat yang dipengaruhi oleh struktur budaya keraton. Pada umumnya, kelompok masyarakat ini hidup dalam sebuah kota di sekitar kawasan istana yang mudah dijangkau. Sehingga memungkinkan mereka disebut sebagai kelompok elit yang memiliki kebudayaan tinggi.

Dari tiga jenis masyarakat itu, islam datang pertama kali ke bumi Nusantara melalui masyaraakat kedua, yakni masyarakat yang hidup di sekitar daerah pesisir. Sebab, pola perdagangan yang terdapat di jalur-jalur pantai itu, telah berkembang menjadi pola hubungan timbal balik dan pertukaran budaya antara masyarakat pesisir dengan para pedagang asing. Oleh karena itu, adalah sbuah kenyataan sejarah yang tidak dipungkiri bahwa pola hubungan perdagangan di sekitar daerah-daerah pantai itu, telah mengenalkan islam sebagai agama kultural yang disebarkan dengan jalan damai, tanpa ada tendensi kekuasaan ataupun politik tertentu.

Agaknya, pola penyebaran ini yang menyebabkan Islam dengan mudah dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Sebab dengan proses penyebaran yang kultural ini, Islam mampu berkembang dengan pesat dan bahkan, bagi masyarakat pesisir, Islam adalah bagian dari kehdupan mereka yang tidak terpisahkan. Inilah sebabnya mengapa masyarakat pesisir dikenal sebagai masyarakat yang berkomitmen kuat terhadap agama Islam. Namun demikian, sepertinya perkembangan wajah islam di negeri ini sama sekali berbeda dengan perkembangan Islam di wilayah-wilayah lain. Perbedaan ini menyangkut karakteristik dan ciri khas wajah Islam Indonesia yang tidak dijumpai pada wajah Islam manapun, termasuk Timur Tengah.

Kepulauan Indonesia juga terletak dalam jalur perdagangan antara dua pusat perdagangan jaman kuno, yaitu India dan Cina. Letaknya dalam jalur perdagangan internasional ini bsar pengaruhnya pada perkembangan sejarah bangsa.karena itu sejak jaman prasejarah, penduduk Indonesia adalah pelayar-pelayar yang sanggup mengarungi lautan lepas. Lautan di sekitar dan diantara pulau-pulau Indonesia tidak pernah menjdai penghalang, bahkan menjadi faktor nomor satu. Pada awal sejarah kuno Indonesia, kita melihat tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dibeberapa tempat di pesisir Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan sebagainya. Pada pusat-pusat perdagangan inilah agama Islam memulai aktivitasnya di Indonesia.

B.  Situasi Pemerintahan di Indonesia Pra-Islam

Kedatangan Islam diberbagai daerah di Indonesia tidaklah bersamaan. Dan demikian pula kerajaan-kerajaan dan daerah-daerah didatanginya mempunyai situasi pemerintahan dan sosial budaya yang berlainan. Pada waktu kerajaan Sriwijaya mengembangkan kekuasannya sekitar abad ke-7 dan 8, Selat Malaka sudah mulai dilalui oleh pedagang-pedagang Muslim dalam pelayarannya ke negeri-negeri di Asia Tenggaradan Asia Timur. Berdasarkan berita Cina Zaman Tang, pada abad-abad tersebut diduga masyarakat Muslim telah ada, baik di kanfu (kanton) maupun di daerah Sumatera sendiri. Perkembangan pelayaran dan perdagangan yang bersifat internasinonal antara neger-negeri di Asia bagian barat dan timur mungkin disebabkan oleh kegiatan kerajaan Islam dibawah bani Umaiyyah dibagian barat maupun kerajaan Cina jaman Dinasti tang di Asia Timur serta kerajaan Sriwijaya di Asia Tenggara.

Dari abad ke-7 sampai abad ke-12 kerajaan Sriwijaya masih menunjukkan kemajuannya dibidang ekonomi dan politik sejak akhir abad ke -12 mulai menunjukkan tanda-tanda kemunduran dibidang perdagangan. Kemunduran olitik dan ekonomi Sriwijaya dipercepatoleh usaha-usaha kerajaan Singasari yang sedang bangkit di Jawa. Kerajaan jawa ini melakukan ekspedisi pamalayu tahun 1275 M dan berhasil mengalahkan kerajaan melayu di Sumatera. Keadaan itu mendorong daerah-daerah di selat Malaka yang dikuasai kerajaan Sriwijaya melepaskan diri dari kekuasan kerajaan tersebut.

Kelemahan Sriwijaya dimanfaatkan pula oleh pedagang-pedagang Mulim untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan politik dan perdagangan. Mereka mendukung daerah-daerah yang mennyatakan diri sebagai kerajaan bercorak Islam, yaitu Samudera Pasaidi pesisir timur laut Aceh. Daerah ini sudah di singgahi pedagang-pedagang muslim sejak abad ke-7 dan ke-8 M. Proses Islamisasi tentu berjalan disana sejak abad tersebut. Kerajaan Samudera Pasai segera berkembang baik dalam bidang politik maupun perdagangan.

Karena kekecewaan-kekecewaan dalam negeri sendiri akibat perebutan kekuasaan di istana, kerajaan Singasari, juga pelanjutnya, Majapahit, tidak mampu mengontrol daerah melayu dengan selat Malaka dengan baik, sehingga kerajaan Samudera Pasai dan Malaka dapat berkembang mencapai puncak kekuasaaanya hingga abad ke-16 M.

Dikerajaan Majapahit, ketika Hayam Wuruk dengan patih Gajah Mada masih berkuasa, situasi politik pusat kerajaan memang tenang, sehingga banyak daerah di kepulauan Nusantara mengakui berada perlindungannya. Tetapi sejak Gajah Mada meninggal dunia (1364 M) dan disusul Hayam Wuruk (1389), situasi Majapahit kembali mengalami keguncangan. Perebutan kekuasaan antara Wikramawhardana dan Bhere Wirabumi meninggal, perebutan kekuasaan dikalangan istana kembali muncul dan berlarut-larut. Pada tahun 1468 M Majapahit diserang Girindrawardhana dari Kediri. Sejak itu,kebesaran Majapahit dapat dikatakan sudah habis.

Kedatangan dan penyebaran Islam di pulau Jawa mempunyai apek-aspek ekonomi, politik dan sosial budaya. Situasi dan kondisi politik di Majapahit yang lemah karena perpecahan dan perang dikalangan keluarga raja-raja dan perbutan kekuasaan, maka kedatangan dan penyebaran Islam makin dipercepat. Bupati-bupati pesisir merasa bebas dari pengaruh kekuasaan raja-raja majapahit. Mereka makin lama makin yakin akan kekuasaannya sendiri dibidang ekonomi dan daerah-daerahnya.  Daerah pesisir merasa semakin lamamakin merdeka, justru oleh karena kelemahan-kelemahan pendukung-pendukung kerajaan yang sedang mengalami keruntuhan. Perjuangan antara kota-kota perdagangan di pesisir dengan dareah-daerah agraris di pedalaman sedang dimulai perkembangan ekonomi dan politik mempunyai tujuan sendiri, dan melalui bupati-bupati pesisir yang memeluk agama Islam maka agama menjadi kekuatan baru dalam proses perkembangan masyarakat.

C.  Agama dan Kebudayaan di Indonesia Pra-Islam

Bila ditinjau dari sudut arkeologi setelah zaman prasejarah berakhir di Indonesia lahirlah kebudayaan baru. Kebudayaan tersebut ditandai dengan datangnya orang-orang India sebagai pembawa kebudayaan Hindu, yaitu pengaruh alam pikiran dan tingkah laku orang-orang India yang datang ke Indonesia. Pengaruh ini menyebabkan perubahan cara hidup manusia Indonesia baik dalam tata cara hidup kemasyarakatan, perekonomian dan keagamaan.

Sudah sejak zaman prasejarah telah terdapat hubungan maritime antara India dan Indonesia. Diantara kedua bangsa tersebut terdapat kesamaan kebudayaan sehingga kedatangan mereka tidak dirasakan sebagai bangsa yang akan menguasai Indonesia.
Kedatangan orang-orang India ini tidak dapat ditetapkan secara pasti, akan tetapi dapat diperkirakan pada permulaan abad pertama sesudah masehi mereka telah mengunjungi kepulauan Indonesia. Pada abad ke IV sampai abad ke XV sesudah masehi pengaruhnya terhadap penduduk telah menemukan corak kehidupan tersendiri, lebih-lebih dalam lapangan keagamaan dan kebudayaan. Pada masa tersebut diatas, Indonesia terdiri dari kerajaan-kerajaan besar kecil berdiri sendiri atau dalam kesatuan kerajaan.
Bangunan candi-candi yang terdapat di Indonesia merupakan bukti adanya pengaruh Hindu. Fungsi candi-candi Indonesia-Hindu adalah sebagai tempat penguburan abu jenazah raja-raja. Raja-raja yang meninggal dibuatkan patung dan perwujudannya melambangkan dewa-dewa yang mereka puja semasa hidupnya.
Masyarakat Indonesia-Hindu menganggap rajanya sebagai dewa yang memerintah di dunia. Gelar-gelar kedewaan diberikan kepada raja-raja terutama setelah mereka meninggal dunia. Kepercayaan demikian menunjukkan adanya hubungan dengan tradisi kepercayaan pada masa pra Hindu, ketika mereka memuja ruh-ruh nenek moyang yang biasanya diwujudkan dalam patung-patung dan menhir-menhir di atas punden-punden berundak.
Sejak abad-abad pertama hingga akhir abad ke-15 indonesia terdapat beberapa kerajaan yang menerima pengaruh Hindu-Buddha, namun pengaruh tersebut hanyalah merupakan lapisan tipis dan penghalus semata-mata. Karena itulah dari sudut kebudayaan, istilah indonesia Hindu mungkin lebih tepat untuk menyebut masyarakat  kerajaan-kerajaan yang mendapat pengaruh Hindu Buddha yang muncul dan berkembang di beberapa bagian Indonesia  sejak abad-abad pertama sampai lebih kurang akhir abad ke-15 itu.

1 komentar:

  1. Casino Review 2021 - Best Bonuses, Software, Games
    Casino review 넷마블 토토 사이트 2021 ➤ Exclusive 로투스 바카라 welcome bonus up to €1000 + 생활 바카라 50 free spins on slots ✓ 24/7 customer support ✓ Exclusive Bonuses & Free Spins ✓ Play Now!🥇 Best Casino Bonus: 슬롯 가입 쿠폰 100% Deposit Bonus🎁 Biggest 피망 포커 apk Free Spins Bonus: Up to €1000

    BalasHapus