Kamis, 14 Maret 2013

PERANG DUNIA I DAN II



A.       LATAR BELAKANG
1)     Perang dunia 1
Sejak berakhirnya perang antara Perancis dan Jerman pada tahun 1871 kawasan Eropa merupakan suatu wilayah yang damai.Saat itu Eropa justru mengalami berbagai kemajuan yang sangat pesat baik itu meliputi bidang industri, ilmu pengetahuan maupun budaya. Namun, keadaan berubah ketika banyak negara yang tidak mematuhi hasil konferensi Berlin (1884), konferensi ini merupakan kelanjutan dari konferensi Den Haag (1907) yang mengatur tentang pembatasan senjata. Hal ini kemudian menimbulkan rasa curiga antarnegara yang kemudian berkembang menjadi perselisihan. Faktor lain karena adanya perebutan daerah jajahan antaranegara imperialis, misalnya saja masalah Rusia dengan Hongaria mengenai semenanjung Balkan serta konflik lain yang membuat hubungan antarnegara Eropa semakin memburuk.

2)        Perang dunia II
         Perang Dunia I membuat perubahan besar pada peta politik, dengan  kekalahan Blok Sentral, termasuk Austria_Hongaria, Jerman, dan  Kesultanan Ustmmaniyah dan perebutan kekuasaan oleh Bolsheivk di Rusia pada tahun 1917. Sementara itu, negara-negara Sekutu yang menang seperti Perancis, Belgia, Italia, Yunani, dan Rumania memperoleh wilayah baru, dan negara-negara baru tercipta setelah runtuhnya Austria_Hongaria, Kekaisaran Rusia, dan Kesultanan Utsmaniyah. Meski muncul gerakan pasifis setelah perang, kekalahan ini masih membuat nasionalisme iredentis dan revanchist pemain utama di sejumlah negara Eropa. Pada saat yang sama pula, Perang Saudara Rusia berakhir dengan terbentuknya Uni Soviet. Perang Dunia II, secara resmi mulai berkecamuk pada tanggal 1 September 1939 sampai tanggal 14 Agustus 1945. Meskipun demikian ada yang berpendapat bahwa perang sudah dimulai lebih awal, yaitu pada tanggal 1 Maret 1937 dimana Jepang menduduki Manchuria.Sampai saat ini, perang dunia II adalah perang paling dashyat yang pernah terjadi di muka bumi. Kurang lebih dari 50.000.000 jiwa orang tewas dalam konflik ini.
Dalam sejarah tercatat bahwa peperangan dimulai pada saat pendudukan Jerman di Polandia pada tanggal 1 September 1939 dan berakhir pada tanggal 14 Agustus 1945 dengan ditandainya Jepang menyerah tanpa syarat pada tentara Amerika Serikat setelah insiden pengeboman di kota Hiroshima dan Nagasaki oleh tentara Amerika Serikat. Meletusnya Perang Dunia II itu sendiri, pada dasarnya sangat berkaitan erat dengan Perang Dunia I, yakni dimana perang dunia I telah mengakibatkan dampak besar bagi dunia yaitu seperti kehancuran dan kerugian yang cukup besar, krisis ekonomi yang berkepanjangan diberbagai Negara, dan juga kematian, puluhan juta orang akibat perang tersebut.Oleh karenanya, salah satu upaya untuk mengakhiri Perang Dunia I dengan melakukan genjatan senjata dan merancang suatu perjanjian untuk mengakhiri perang tersebut.

A.    PENYEBAB TERJADINYA PERANG DUNIA
1)     Perang dunia 1
Adapun sebab umum dan sebab khusus Perang Dunia I adalah sebagai berikut :
Sebab Umum
a) Persaingan Jerman-Perancis
b) Persaingan Jerman-Inggris
c) Persaingan antara Jerman-Rusia
d) Persaingan Rusia-Austria
  Sebab Khusus
      Selain adanya sebab umum yang menyebabkan Perang Dunia I juga dipelopori oleh adanya sebab khusus. Pada tahun 1914 tentara Austria melaksanakan latihan perang di Bosnia Pada saat itu putera mahkota Kekaisaran Austria-Hongaria, Pangeran Franz Ferdinand beserta istrinya melakukan kunjungan ketempat pelatihan tersebut. Saat itulah Pangeran Franz dibunuh oleh seorang pemuda Serbia bernama Gaprilo Princip di Sarajevo. Sebulan setelah kejadian tersebut Austria-Hongaria mengumumkan Perang terhadap Serbia. Pada tanggal 29 Juli 1914 Austria membombardir Beograd, saat itu Rusia memobilisir tentaranya untuk membantu Serbia.

2) perang dunia II
a.      Penyebab Umum
 1.Adanya unjuk kekuatan senjata yang diciptakan oleh beberapa Negara terutama perlombaan senjata antar Negara-negara Eropa seperti Inggris yang menciptakan Royal Air Force (Armada Udara) dan Jerman yang membuat kapal tempur Bismarck dengan peluru kendali Vertelugung
2.   Adanya politik balas dendam (Revanche Idea) yang dilakukan oleh Negara Jerman.
3.    Adanya politik mencari sekutu dengan munculnya blok sekutu dan blok fasis
4.   Gagalnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.
5.  Adanya politik ekspansi beberapa Negara fasis (militer) seperti Jerman, Italia, dan Jepang.

b.      Penyebab Khusus
1.     Penyerbuan Jerman terhadap Polandia pada tanggal 11 September 1939.
2.    Terjadinya penyerbuan yang dilakukan jepang terhadap Armada Angakatan Laut (Marinir) Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada hari Minggu tanggal 7 Desember 1941.
A.    DAMPAK DARI PERANG DUNIA
1)     Perang dunia 1
I. Dibidang Politik
a)     Nasionalisme yang meliputi bangsa-bangsa menimbulkan lahirnya Negara baru.
b)     Timbulnya faham Fasisme ( Italia ).
c)     Timbulnya faham Nasionalis-Sosialis ( Jerman ).
d)     Timbulnya faham Nasionalisme ( Turki ).
e)     Timbulnya faham Diktator-Proletariat ( Rusia ).
II. Dibidang Ekonomi
III. Dibidang Sosial
VI. Dibidang Rohani
V. Perubahan Teritorial

2)     Perang dunia II
Bidang Politik
·        Amerika Serikat dan Rusia sebagai pemenang dalam perang dunia II, tumbuh menjadi negara raksasa.
·        Terjadinya perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Rusia yang menimbulkan perang dingin diantara mereka. Dimana jika keduannya berimbang terjadi keseimbangan kekuatan, walaupun perdamaian diliputi oleh ketakutan kembalinya lagi perang.
Bidang Ekonomi
·        Perang Dunia II menghancurkan perekonomian berbagai negara-negara di dunia baik yang ikut serta maupun yang tidak sama sekali ikut ambil bagian, kecuali Amerika Serikat karena dia menjadi negara Adikuasa yang memenangi perang tersebut dan menjadi pusat kekayaan kreditur dari seluruh negara.


Bidang Sosial
·        Untuk membantu penduduk yang menderita akibat korban dari Perang Dunia ke-2. PBB membentuk URRA (United Nations Rehabilitation Administration).
Bidang Kerohanian
·        Penderitaan yang ditimbulkan akibat dari Perang Dunia ke-2 menyadarkan manusia akan akibat buruknya dari perang. Penduduk dunia menyadari perlunya lembaga yang dapat menjaga perdamaian dunia  setelah Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tidak dapat menjaga perdamaian dunia secaara maksimal sehingga LBB dibubarkan.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar